FACEBOOK
bagaimana sejarahnya?
Facebook adalah sebuah layanan
jejaring sosial dan
situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan
dioperasikan olehFacebook,
Inc. Pada Mei
2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari
separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus
mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat
membuat profil
pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman,
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan
ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau
perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka
ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Nama layanan ini berasal dari nama bukuyang
diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak
administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa
mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13
tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook
didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama
teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitzdan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston,Ivy League, dan Universitas Stanford.
Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain
sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap
orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer
Reports bulan Mei
2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan
5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs
ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan
Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut
jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar
"terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya
kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita,
mengganggu teman kita, dan bermain Scrabuloussebelum
Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9
juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. MenurutSocial
Media Today pada April 2010,
sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar
Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif
di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Sejarah
Sejarah
Mark
Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28
Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua.
Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan
menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di
sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta
pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Untuk
menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian
jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu
itu tidak memiliki "buku wajah"
(direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450
pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.[13][15]
Situs ini langsung
diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari
kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan
kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan
terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg
memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan
studi sosial untuk menghadapi ujian finalsejarah seni, dengan
mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs
webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka
situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi
catatan.
Pada semester
berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari
2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden
Facemash. Pada
4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya
berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah
situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler
Winklevoss, dan Divya
Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka
percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com,
sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat
kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan
hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan awalnya
dibatasi kepada mahasiswa Harvard
College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah
mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo
Saverin (pebisnis), Dustin
Moskovitz (programer), Andrew
McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan
Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004,
Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs
ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston,Universitas New York, MIT, dan secara perlahan
beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada
musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker,
yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden
perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya
ke Palo Alto, California. Perusahaan
ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan
ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com
pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
Facebook meluncurkan
versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg
sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah
membutuhkan undangan untuk bergabung.Facebook kemudian memperluas persyaratan
keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook
kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13
tahun dan ke atas dengan alamat surel yang
sah.
Pada 24 Oktober
2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook
senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian
oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di
Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan
membuka kantor pusat internasional di Dublin,
Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami
arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut
SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook
mencapai $41 milyar (mengalahkaneBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar
ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook
telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Lalu lintas ke
Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan
Google pada 13 Maret 2010.
Pada bulan Maret
2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini
setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan
pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan cyber.
Pada awal 2011,
Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas
kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California.
Statistik DoubleClick memperlihatkan
bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan
menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu
diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam
peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan
Desember 2011, Facebook adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di
Amerika Serikat.
Pada bulan Maret
2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual
aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web
bergerak iPhone, Android. Pada bulan April, Facebook
membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliar.
Pada awal Mei 2012,
Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee
yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.
Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada
tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai
perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang
sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan
57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO
ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai
diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga
IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume
perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai
menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook
yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.
Perusahaan
Sebagian besar
pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif
Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan Facebook hanya melayani
iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft.
Menurut comScore, sebuah
perusahaan riset pemasaran Internet,
Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan
Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk
mengurangi risiko privasi pengguna. Pada 6 November 2007, Facebook
meluncurkan Facebook Beaconyang kemudian menjadi usaha
gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang
dibeli teman".
Facebook umumnya
memiliki tingkat klik (CTR)
yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar lainnya. Untuk
iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook jika
dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil
pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain.
Misalnya, pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan
rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian), sementara
pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400
klik untuk setiap satu juta halaman).
Sarah Smith, dulunya
Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka
memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan
cenderung menurun dalam dua minggu. Tingkat klik di
jejaring sosial saingan, MySpace, jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik
dari Facebook tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web lain.
Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna
Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk
menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan
pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi
isinya, sementara di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi
dengan teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.
Di halaman merek dan
produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk
kiriman Dinding. Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan
pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook
(10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien
pertamanya, Serena Software, yang
berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka. Studi
menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang
melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri
adalah 25% untuk iklan video spanduk.
Facebook memiliki
lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan
Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham
perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky
Technologies 10%, Dustin
Moskovitz 6%, Eduardo
Saverin 5%, Sean Parker 4%,Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech
Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%,Interpublic Group kurang
dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti
masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta,
sementara Reid Hoffman dan Mark Pincusmemiliki
kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh
karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing.Adam D'Angelo,
kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008.
Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia
tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.
Pada 15 November
2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm
Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11
Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan "pendapatan penjualan ranah"
sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan
ranah termahal sepanjang sejarah.
Situs web
Pengguna dapat membuat
profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan
informasi pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna
lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat
membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman kesukaan"
(dulu disebut "halaman penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di
antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.
Untuk mencegah keluhan
tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan
memilih siapa saja yang dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil
mereka. Situs
web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan
seperti iklan spanduk. Facebook
membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh
setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi
yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan
pengaturan privasi.
Media sering
memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara
kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan
lainnya adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli
mereka, dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace
mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style
Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook memiliki sejumlah
fitur yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di
setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan
kepada pengguna tersebut; Colek, yang
memungkinkan pengguna mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain
(pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat
pengguna dapat mengunggah album dan foto; dan Status, yang
memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan
tindakan mereka saat itu. Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang
yang dapat melihat sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna.
Bulan Juli 2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di
Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Facebook Notes
diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog yang mengizinkan tag dan
penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain. Sepanjang
minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Cometbernama
"Chat" ke sejumlah profil, yang mengizinkan pengguna
berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instanberbasis desktop.
Facebook meluncurkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang
memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada temannya yang muncul di
profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat
disertakan pada setiap hadiah. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
meluncurkan Marketplace, yang
memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis. Marketplace telah
dibanding-bandingkan denganCraigslist oleh CNET,
yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar yang
dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada
di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara daftar yang
dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
Tanggal 20 Juli 2008,
Facebook meluncurkan "Facebook Beta", yaitu desain ulang antarmuka
penggunanya pada beberapa jaringan. Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil
dipisah menjadi tab, dan mereka berusaha untuk membuatnya terlihat lebih
"sederhana". Setelah awalnya memberi pengguna pilihan untuk
pindah, Facebook mulai memindahkan semua pengguna ke versi halaman baru pada
September 2008. Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan bahwa Facebook sedang
menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 13 Juni 2009,
Facebook memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu halaman-halaman
dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel
seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan
dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728. Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke
Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang
resmi diluncurkan untuk iPhone
OS, Android
OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan
aplikasi Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna
aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200
operator di 60 negara.
Tanggal 15 November 2010,
Facebook mengumumkan layanan "Facebook Messages" baru. Pada media
hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa seseorang
dapat memperoleh alamat surel @facebook.com, namun itu bukan surel."
Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman
ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail".
Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut,
menggabungkan pesan
teks, pesan instan, surel,
dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan
Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15
bulan dalam pengembangannya.
0 comments:
Post a Comment